West Lampung Tour And Travel

6 Places take a look at West Lampung

Lampung Barat adalah salah satu kabupaten di provinsi Lampung hasil pemekaran dari wilayah kabupaten Lampung Utara. Daerah ini didominasi oleh wilayah pegunungan yang mana merupakan bagian dari punggung Bukit Barisan. Maka sebagian wilayah daerah ini merupakan bagian dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan alias TNBBS.

Di lihat dari potensi pariwisatanya, Lampung Barat memang layak menjadi daerah tujuan wisata yang mana setiap tahun banyak wisatawan asing maupun traveler nusantara yang berlibur. Daerah ini juga menawarkan pilihan wisata yang lengkap mulai dari wisata alam, petualangan, danau, dan gunung.

 

1.   Bukit Bakung/Gerdai, Bukit dengan Pemandangan Paling Indah di Lampung Barat

Traveler yang berkunjung ke Lampung Barat wajib hukumnya datang ke bukit Bakung/Gerdai jika tidak mau menyesal. Sebab gunung ini memiliki pemandangan alam paling indah dan menjadi tujuan wisata populer di sana. Dari puncak gunungnya traveler bisa melihat hamparan alam yang indah dan matahari terbit yang tak bisa dilukiskan dengan kata-kata.

 

2.   Danau Ranau, Indahnya Tak Kalah Sama Danau Pertama di Indonesia

 

Lombok Danau Ranau

Jika membicarakan tentang danau di pulau Sumatera pasti nama pertama yang muncul adalah Danau Toba. Padahal di pulau ini banyak sekali danau yang tak kalah cantik, salah satunya adalah Danau Ranau di kabupaten Lampung Barat. Status Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di pulau Sumatera dan berada tepat di perbatasan antara kabupaten Lampung Barat dengan kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan di provinsi Sumatera Selatan.

Cuaca di sekitar danau ini sangat sejuk. Penduduk sekitar danau dikenal sebagai nelayan yang menggantungkan hidupnya pada sumberdaya yang ada di dalam danau. Di tengah Danau Ranau terdapat pulau kecil bernama Pulau Marisa. Di pulau tersebut terdapat sumber air panas yang sering dijadikan kujungan wisata saat berlibur ke Danau Ranau.

 

3.   Mendaki Gunung Pesagi dan Melihat Alam Lampung Barat dari Titik Tertinggi

Traveler pecinta petualangan yang selalu tertantang menakhlukkan titik tertinggi di setiap daerah wajib hukumnya mendaki ke Gunung Pesagi. Gunung ini menjadi titik tertinggi dari kabupaten Lampung Barat dan berada di kecamatan Belalau. Area gunung ini juga telah dikembangkan sebagai objek wisata alam bernama Pekon Hujung.

Di dalam objek wisata Pekon Hujung traveler bisa mendaki ke puncak Gunung Pesagi dan menikmati indahnya alam dari titik tertinggi Lampung Barat. Di kawasan ini pula telah tersedia homestay tradisional dengan fasilitas memadai untuk pengunjung yang tertarik bermalam di kawasan pegunungan.

 

4.   Wisata Alam Kubu Perahu, Menyambangi Punggung Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS)

Left Sepapah Water Fall

Wilayah Lampung Barat berada di punggung Bukit Barisan yang menjadi bagian dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Salah satu tempat yang direkomendasikan untuk menjelajahi taman nasional ini melalui Lampung Barat di kecamatan Balik Bukit.

Kawasan Wisata Alam TNBBS sangat cocok untuk melakukan kegiatan alam semacam Tracking jungle. Sebab wilayah ini dipenuhi dengan pepohonan besar hutan rimba. Di dalam TNBBS sendiri traveler bisa menjumpai sejumlah aliran sungai yang jernih dan beberapa air terjun yang keren.

5. Temukan Fenomena Alam Menarik di Danau Suoh

Selain Danau Ranau yang telah populer, Lampung Barat masih memiliki satu danau lainnya yang berpotensi besar menjadi tujuan wisata populer berikutnya yakni Danau Suoh. Danau ini bisa traveler jumpai dengan melakukan perjalanan melalui kecamatan Batu Brak maupun kecamatan Sekincau dengan waktu tempuh sekira 2 jam dari ibukota Liwa.

 

Pemandangan air panas suoh

Pemandangan keramikan SUOH

Danau Suoh menawarkan pengalaman adventure yang tidak akan terlupakan. Akses menuju lokasi sudah cukup baik sehingga dihimbau para traveler kalau mau ke danau ini bisa dengan memakai kendaraan Mini bus seperti biasa namun ada pilihan lain untuk menggunakan kendaraan yang sesuai kondisi jalan selanjutnya seperti mobil offroad atau motor trail sambil menikmati tantangan Offroad. Di kawasan Danau Suoh terdapat tiga danau yang airnya bisa berubah-ubah warna. Sedangkan tidak jauh dari kawasan danau traveler bisa melihat fenomena alam menarik dalam bentuk Hot Water Spring sumber panas bumi.

 

6. Taman Nasional Kebun Raya Liwa (KRL)

Mengunjungi Kebun Raya Liwa menjadi kegiatan wisata yang menyenangkan sekaligus bernilai edukatif. Koleksi tumbuhan dan keindahan pemandangan yang masih asri ini bisa dijadikan alasan untuk berwisata.

Kebun Raya Liwa

Kebun raya liwa merupakan bagian pusat pengetahuan botani, kawasan konservasi, kawasan pendidikan dan penelitian, dan sekaligus sebagai sarana rekreasi di alam terbuka. Kebun Raya Liwa yang beralamat Desa Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Kota Liwa. Berada di ketinggian 800-900 mdpl juga sering di selimuti kabut. Kabut tipis nampak diwaktu pagi dan sore hari. Kabut ini menciptakan pemandangan yang cantik di alam yang asri.

Memadukan keindahan yang ada di kebun raya liwa dengan alam sekitarnya, bagi traveler dapat menjadikan kekuatan tersendiri untuk menikmati alam. Akan ada perpaduan antara edukasi dan kegiatan wisata yang bisa memberikan manfaat ganda untuk Traveler.

Di Kebun Raya liwa ini terdapat beberapa taman yakni Taman Araceae, Taman Wangi, Taman Indukan Tanaman Hias, Taman Buah, Taman Hias dan Taman Aren. Taman-taman tersebut telah ditata dengan indah oleh pengelola sehingga membentuk pola yang indah.

Untuk tiket masuk Kebun Raya Liwa ini gratis, pengunjung hanya akan dikenai biaya untuk parkir kendaraan. Fasilitas penunjang seperti mushola, toilet, gazebo, kantin sudah tersedia. Untuk fasilitas penginapan di dekat Kebun Raya Liwa jumlah cukup banyak. Beberapa penginapan tersebar di beberapa titik di Kota Liwa.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *